Lebaran Diundur...


Keputusan yang diambil Menteri Agama dan MUI semalem bahwa lebaran jadinya besok emang ditanggapi dengan berbagai reaksi oleh masyarakat kita. Ada yang protes dengan alesan bahwa mereka udah cape-cape masak, eh lebaran nya gak jadi besok. Ada juga yang seneng dengan alesan, mereka yang belum beli baju lebaran masih mendapat kesempatan buat beli hari ini.

Terus bagaimana dengan negara-negara lain? Apakah mereka melaksanakan besok juga? Well, mungkin ada beberapa yang melaksanakan besok, dan ada juga yang hari ini. Contohnya aja Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Mereka merayakan hari raya Idul Fitri hari ini. Terus negara tetangga kita Malaysia, mereka juga ngerayainnya hari ini.

Yang bikin gue bingung adalah, Malaysia sama kita (yang tinggal di Jabar dan DKI Jakarta) kan cuman beda 1 jam. Kalo gue pikir, masa di Malaysia keliatan hilal di kita enggak? Tapi wallahu'alam, mungkin ada beberapa penyebab kenapa ahli hisab, ahli astronomi dan ahli-ahli lainnya gak ngeliat hilal di kita. Well, menurut sebuah hadits kita harus mentaati pemerintah setempat yang menentukan. Jadi, kalo misalnya pemerintah salah, berarti itu adalah tanggung jawab mereka.:D
Previous
Next Post »
0 Komentar